Senin, 27 Desember 2010

Kegiatan Perkemahan


Kegiatan Perkemahan
Beberapa hari yang lalu Pondok Pesantren Muhammadiyah Sangkal Putung Klaten melaksanakan kegiatan Kemah yang merupakan rangkaian kegiatan Hizbul Wathan. Kegiatan kemah ini merupakan kegiatan perdana dan direncanakan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun.
Acara ini berlangsung di Kecamatan Tawangsari Klaten, daerah perbatasan antara Sukoharjo Solo dan Klaten Jawa Tengah. Kemah berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 15-17 Desember 2010.
Kegiatan ini tentunya memberikan manfaat dan pembelajaran bagi para santri. Sikap mandiri, kebersamaan, dan pendidikan mental adalah sebagian pelajaran yang dapat dipetik santri dalam kegiatan tersebut.
Selain itu, pondok sebagai lembaga pendidikan yang mengemban misi keagamaan, juga menyebar syiar keagamaan di lokasi kemah  waktu itu. Hal itu diketahui bahwa tempat kemah di bukit Taru Wongso ternyata selama ini digunakan masyarakat sebagai tempat bertapa dan pemujaan untuk mencari berkah, pesugihan, keselamatan dan lain-lain.
Keberadaan para santri selalam 3 hari yang tetap menjalankan syari’at Islam paling tidak sudah merupakan dakwah bil hal yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, para santri juga belajar bagaimana fenomena kesyirikan berjalan di tengah-tengah masyarakat. Pelajaran ini diharap para santri semakin mengokohkan akidahnya dan menghandari hala-hal demikian, sekaligus suatu saat diharap menjadi kader duta penghapus kesyirikan di masyarakatnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar