Minggu, 26 September 2010

Dalam struktur kepondokan di Ponpes Muhammadiyah (Muhammadiyah Boarding School) Sangkal Putung Klaten, Direktur membawahi dua bagian penting untuk bisa berjalannya sistem kepondokan dengan baik, yaitu Bagian Pengasuhan (Qismur Riayah) dan Bagian Pengajaran yang dimanage oleh Kepala Sekolah.

Bagian Pengasuhan yang sekarang dipegang oleh Ust. Zainuri Fatakh, S.Ag, yang juga beliau sedang mengambil program S2 di Pascasarjana UIN Yogya ini, bertugas membantu Direktur Pondok untuk memanage dan mengontrol jalannya disiplin pondok.
Beberapa disiplin yang harus diperhatikan adalah berbagai kegiatan santri mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, seperti bangun untuk shalat subuh (atau sahur kalau pas  hari berpuasa), masuk kelas, shalat dhuha, shalat zuhur, istirahat, kegiatan sore hari, shalat maghrib dan isya', serta kegiatan di malam hari seperti muhadharah dan Tapak Suci.
Bagian pengasuhan juga harus memperhatikan semua permasalahan santri bersama ustadz-ustadz yang lain. Demikian pula memberi sanksi terhadap santri yang melanggar disiplin pondok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar